Minggu, 23 September 2012

5 cm


5 cm...
Mungkin org yg tidak tahu pasti akan berpikir 5 cm ini ukuran dari apa ya??
Tp 5 cm ini sebenarnya adalah judul dr sebuah novel karya anak bangsa yaitu Donny Dhirgantoro
Novel ini udah terbit dari tahun 2005, tp syangnya aku baru aja baca novel ini
Novel ini bener2 luar biasa, sangat menarik, sangat memotivasi dan sangat inspiratif
Kisah persahabatan 5 orang anak manusia yang memiliki karakter yang berbeda2, tp mereka dpt memanfaatkan perbedaan itu untuk bisa bersatu bukannya malah terpecah belah
Novel yg bercerita tentang impian, harapan, keinginan,  dan cita-cita
Novel ini juga memperkenalkan pada kita tentang lagu, film, syair, cinta, ilmu psikologi, Gunung Semeru dan nasionalisme pada Indonesia
Novel yg membuatku jadi pengen punya sahabat2 yang luar biasa seperti mereka, sahabat yang selalu terbuka, persahabatan yang tidak pernah putus bahkan sampai mereka berkeluarga dan tentunya sahabat2 yang memiliki kemauan untuk mewujudkan impian, harapan, keinginan dan cita2 bersama...
Novel ini juga bisa menggugah rasa cinta kita pada negara Indonesia, negara tempat kita dilahirkan, negara dimana tanahnya kita pijak, airnya kita minum, hasil buminya kita manfaatkan dan langitnya kita junjung...
Seberapapun buruknya negeri ini, negeri ini tetaplah tempat kita dilahirkan dan dibesarkan...

Berikut ini aku kutip beberapa kalimat kata2 bijak dan pengetahuan yg ada dalam novel ini, yang semoga bisa menjadi motivasi dan inspirasi kita semua....

1.    EQ lebih penting daripada IQ. Karena EQ memberikan gambaran tentang sikap manusia akan dirinya yang sudah pasti punya emosi. Emosi inilah yang memegang peranan penting bagi manusia karena emosi kalau bisa dikendalikan akan sangat membantu manusia kalau tidak dikenadlikan bisa berbahaya
2.  Ada dua skill atau keahlian yang diperlukan di kecerdasan emosional yaitu interpersonal dan intrapersonal skills. Interpersonal skill adalah keahlian manusia untuk bergaul, mengerti emosi orang lain, membaca emosi yang terjadi di sekitarnya, kemampuan manusia untuk memahami orang lain dan mengerti orang lain, kalo bahasa anak mudanya kemampuan untuk nggak jadi orang yang garing. Intrapersonal skills adalah kemampuan manusia untuk mengerti dan mengendalikan emosi yang lagi ada dalam dirinya. Contohnya nggak langsung down kalo lagi ada masalah, sellalu bersemangat, tekun, kalo lagi ada masalah langsung bangkit bukannya malah tenggelam dalam pikiran negatif, selalu bangkit lagi, nggak pernah nyerah kalo ada masalah, nggak pernah nyerah kalo nemuin hambatan.
3.      …bukan karena kamu hoki, tapi kerja keras kamu selama ini yang telah kamu tanam dengan terus tekun dan pantang menyerah dalam menjalankannya. Apa yang kamu kerjakan itu akhirnya menumpuk dan menunggu untuk dibalas. Ketegaran kamu, ketikan kamu yang berjam-jam, waktu yang kamu habiskan buat baca, waktu yang kamu habiskan buat bolak-balik kemana-mana. Mata kamu yang selalu terlihat lelah karena kurang tidur, keteguhan kamu, semua biaya yang orang tua kamu keluarkan, restu orang tua kamu, semuanya nggak pernah sia-sia. Semua akhirnya menumpuk dalam keranjang dharma kamu, menumpuk tinggi menunggu untuk diberikan ke kamu dan akhirnya Yang Mahakuasa memberikannya padamu dengan berbagai cara yang Dia mau. Semua usaha kamu selama ini, semua yang telah kamu tanam akhirnya kamu petik.
4.      Tinta bagi seorang pelajar lebih suci nilainya daripada darah seorang martir (Muhammad SAW)
5.     Jangan pernah menganggap kritik itu suatu proses kemunduran atau serangan. Kalo lo dikritik, buat cetak biru di pikiran lo. Kalo kritik itu adalah pengorbanan dari seseorang yang mungkin telah mengorbankan rasa nggak enaknya sama kita, entah sebagai sorang teman atau rekan kerja, semata-mata untuk apa?? Hanya untuk membuat diri kita lebih baik. Itu saja…
6.      Orang yang paling bijaksana adalah orang yang mengetahui bahwa dirinya tidak tahu (Socrates)
7.      Socrates itu percaya pada kebenaran dan kebaikan, dan di lubuk hati seseorang pasti kebaikan itu ada, walaupun dia berbuat salah dengan segala macam alasan duniawi yang bisa membenarkan dia…jauh di dalam lubuk hatinya dia tahu kalau dia salah dan orang yang nggak baik pasti nggak bahagia.
8.      Woman was created from the ribs of a man
Not from his head to be above him
Not from his feet to be walk upon him
But from his side to be equal
Near to his arm to be protected
And close to his heart to be loved
9.   …sesungguhnya setiap manusia memang diberi kebebasan untuk memilih. Memilih di persimpangan-persimpangan kecil atau besar dalam sebuah “Big Master Plan” yang telah diberikan Tuhan kepada kita semenjak kita lahir. Jadi semuanya ke masalah pilihan.
10.  Manusia terbagi menjadi dua jenis yaitu manusia internal dan manusia eksternal. Manusia eksternal adalah manusia yang selalu mengandung sesuatu yang terjadi padanya sebagai akibat keadaan yang terjadi  di luar dirinya. Manusia eksternal beranggapan bahwa semua keadaan atau segala kejadian yang menimpa dirinya itu disebabkan oleh keadaan eksternal di luar kendalinya. Kalo gampangnya, manusia yang selalu menyalahkan keadaan. Jadi manusia eksternal selalu berpikir keadaan yang selalu mengontrol dirinya, bukan dirinya yang mengontrol keadaan. Manusia internal adalah manusia yang akan selalu melihat dahulu apa yang salah dalam dirinya, bukan lantas menyalahkan keadaan. Manusia internal adalah manusia yang beranggapan bahwa dirinyalah yang harus mengatur keadaan, bukan dirinya yang diatur oleh keadaan.
…kita harus selalu jadi kalimat aktif selalu pakai awalan me- bukan kalimat pasif dengan awalan di-…
11.  Enggak pernah ada manusia yang kalah, cuma pelajarannya aja yang mungkin agak berat dibanding yang lain….atau mungkin dia sendiri yang berat-beratin…
Jadi, apa pun itu, cobaan, kekalahan, kegagalan, tidak akan menjadi sesuatu yang buruk. Tapi tergantung bagaimana kita bersikap, tergantung bagaimana kita menyikapinya.
Misalnya kita lagi dapat cobaan, kegagalanlah yang gampang contohnya, kalo kita memilih bersikap negatif sama kegagalan kita akan menganggapnya sebagai sesuatu yang buruk, sesuatu yang menghalangi jalan kita. Kita seolah bikin tembok. Tapi, kalo kita bersikap positif sama kegagalan kita, kita akan menganggapnya sebagai suatu pelajaran yang amat berharga yang telah Tuhan berikan untuk kita. Kita ibarat bikin pintu ke jalan baru, bukannya tembok.
12. Kehidupan adalah 10% yang terjadi pada dirimu dan 90% sisanya adalah bagaimana kamu menghadapinya.
13.  Golongan manusia bisa juga dibagi jadi tiga:
Yang pertama, lo mungkin liat orang baik itu seperti apa? Kadang dia cuma melakukan hal-hal yang baik aja tanpa dia sadari, tanpa pamrih, jadi teladan dan mungkin nggak perlu bertanya untuk apa dia lakukan itu. Yang kedua, ada orang jahat yang menghalalkan segala cara untuk melakukan kejahatannya. Pasti kita pernah nemu deh, semua yang dia lakukan salah banget. Iri, dengki, selalu merasa penting, selalu berpikiran jahat, selalu merendahkan orang lain. Yang ketiga, orang yang akan selalu buat pertanyaan-pertanyaan…seperti “Enak tuh jadi orang kaya gitu…”, “Gue nggak mau jadi orang kaya gitu…”. Gue juga sama persis , orang yang selalu mencari jawab atas baik dan buruk, yang tahu sesuatu itu baik dan mau menjadi baik; yang tahu sesuatu itu buruk dan nggak pernah mau jadi orang yang buruk.
14.  The man with the greatest soul will always face the greatest war with the low minded persons. Orang yang berjiwa besar akan selalu menghadapi perang besar dengan orang-orang berpikiran rendah dan pendek.
15.  Itulah mengapa Tuhan memberi kebebasan kepada setiap manusia untuk memilih. Selanjutnya tinggal masalah pilihan. Itulah mengapa Tuhan saying sama makhluk-Nya. Ia menjaga ketidakjelasan-Nya, ketidakjelasan alam semesat ini dengan ketidakjelasan dan ketidakpastian supaya kita terus belajar tentang apa ajan hingga akhirnya kita bermuara pada-Nya. Kalau kita perhatikan, nggak pernah ada satu yang pasti banget di dunia ini, kecuali ketidakpastian itu sendiri. Jodoh, rezeki, dan maut semuanya nggak pasti.
Rezeki? Rezeki katanya ada tiga macam, rezeki yang ada semenjak kita lahir, rezeki yang kita punya sekarang, dan rezeki yang ditangguhkan. Jadi sebenarnya kita punya rezeki yang ditangguhkan, yang kalo kita mau, bisa kita kejar.
16.  Mimpi juga sesuatu yang nggak pasti. Tapi kita harus punya mimpi. Apa jadinya kalo orang nggak punya mimpi. Kosong.
17.  Sesuatu yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian…semuanya relatif (Albert Einstein)
18.  Manusia yang nggak percaya sama Tuhan sama saja dengan manusia yang nggak punya mimpi. Cuma seonggok daging yang punya nama.
19.  I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world (Albert Einstein)
20.  Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain
21.  …Dikenang sebagai orang yang baik. Titik. Dikenal sebagai orang yang selalu bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Jadi orang yang bisa membuat napas orang lain menjadi sedikit lebih lega karena kehadiran kita disitu…karena ada kita disitu.
22.  Whether you belive you can or whether you belive you can’t , you’re absolutely right (Henry Ford)
23.  Our greatest glory is not in never falling… but in rising every time we fall… (Confucius)
24.  Biarkan dia menggantung, mengambang 5 cm di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apapun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri…
25.  Biarkan keyakinan kamu, 5 cm menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan sehabis itu yang kamu perlu cuma….cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa.
26.  Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpi saja, bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yang selalu percaya akan keajaiban mimpi, keajaiban cita-cita dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapa pun ….Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya. Percaya pada 5cm di depan kening kamu.
27.  Hanya mimpi dan keyakinan yang bisa membuat manusia berbeda dengan makhluk lain. Hanya mimpi dan keyakinan yang membuat manusia sangat istimewa di mata Sang Pencipta. Dan, yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya hanya mereka tinggal mempercayainya.   


Kutuliskan ini dalam blogQ sambil berdoa
Semoga kita bisa mendapatkan sahabat2 sejati yang luar biasa...
Semoga segala impian, harapan, keinginan, cita-cita dan cinta kita dapat terwujud...
Semoga keyakinan kita terhadap Allah SWT menjadi semakin kuat...
Semoga Allah memberikan limpahan rejeki pada negeri kita Indonesia...
Semoga negeri kita Indonesia dapat menjadi lebih baik....
Aamiin....
^___^

*Novel ini sangat direkomendasikan bwt dibaca.... ^.^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar