Senin, 23 Februari 2015

H.A.T.I

Hati…
Kenapa Allah menciptakan manusia dengan memiliki hati?
Kenapa Allah menciptakan manusia dengan hati yang berbeda-beda?
Ada yang memiliki hati yang kuat, lembut dan juga rapuh.
Hati yang tak terlihat oleh mata manusia tapi dapat dirasakan.
Hati yang selalu terkoneksi dengan pikiran dan fisik setiap manusia.
Jika hati selalu terjaga dan bersih maka akan membuat pikiran juga selalu positif dan fisik pun akan jadi sehat.
Tapi jika hati terkotori oleh penyakit hati maka akan membuat pikiran menjadi negatif dan akan berpengaruh buruk pada keadaan fisik.

Dan aku baru tahu itu atau mungkin lebih tepatnya baru merasakannya. Kira-kira beberapa bulan yang lalu entah bermula dari apa aku merasa ada yang aneh dengan diriku, padahal sebenarnya itu mungkin hal yang normal tapi entah kenapa aku menganggapnya terlalu berlebihan. Sampai akhirnya aku merasakan sakit kepala yang tak kunjung sembuh sampai lebih dari 1 minggu. Walaupun rasa sakit itu sebenarnya tidak cukup menganggu, tapi karena hati ini yang kotor yang pada akhirnya membuat otak menjadi berpikir negatif, jadi berpikir segala kemungkinan yang buruk. Mungkin Allah sedang menguji hatiku, entah mengapa saat aku bertanya-tanya akan penyebab rasa sakit kepalaku ini aku sering sekali dengan tidak sengaja menemukan artikel kesehatan yang menjelaskan tentang penyakit yang ciri-cirinya adalah sakit kepala.
Akhirnya semakin menjadi-jadilah pikiran negatif itu dan akibatnya malah berpengaruh buruk pada kondisi fisikku yang lain. Kuputuskan untuk menghubungi dokter yang biasa menanganiku dan beliau menyuruhku untuk tes darah kembali. Awalnya aku berpikir bahwa kondisi darahku baik-baik saja dan tidak ada hubungannya dengan sakit yang kurasakan, tapi aku kaget ternyata trombositku kembali turun di bawah normal. Saat berkonsultasi dengan dokter, beliau mengatakan bahwa capek secara fisik dan pikiran bisa menjadi penyebab secara tidak langsung turunnya jumlah trombosit, jadi aku harus kembali terapi steroid. Sejak saat itu aku berusaha membuat diriku sebahagia mungkin, menghilangkan segala pikiran negatif dan berusaha untuk menata hati. Luar biasa sekali ternyata itu membawa pengaruh yang sangat positif untuk kondisiku dan setelah 10 hari kondisi trombosit normal kembali.

Dan dari apa yang kualami ini aku bisa menyimpulkan bahwa hati adalah sesuatu yang sangat penting dalam diri manusia. Sesuatu yang harus benar-benar dijaga dari segala penyakit hati. Itulah mengapa Aa’ Gym selalu mengingatkan kita untuk “Jagalah Hati”. Sesuatu yang baik dan buruknya akan tercermin pada perilaku kita. Sesuatu yang akan menjadi penilaian Allah terhadap setiap manusia karena hati adalah letaknya niat, entah itu niat baik ataupun niat yang buruk.
Semoga Allah sang Pemilik Hati ini menjauhkan kita dari segala penyakit hati,
Semoga Allah Yang Maha Membolak-balikkan Hati selalu membimbing kita untuk memiliki hati yang bersih, hati yang terjaga dan hati yang kuat.
Aamiin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar